Last modified: 2020-01-30
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Cinere. Ukuran Sampel diambil sebanyak 75 orang responden, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukakan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,471. (2) harga berpengaruh positif tetapi tidan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,181. (3) bauran promosi memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,320. R Square Adjusted keputusan pembelian adalah sebesar 0,786 dengan demikian menunjukan bahwa hubungan antara kualitas pelayanan, harga, dan bauran promosi dengan keputusan pembelian sebesar 78,6% dan sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti citra merek, kualitas produk dan kepercayaan yang tidak termasuk dalam penelitian ini.