Last modified: 2020-01-30
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah keputusan penggunaan pada layanan Grab-Bike ini dipengaruhi oleh kualitas layanan, harga, dan kepercayaan. Grab-Bike merupakan salah satu layanan transportasi online berupa ojek online pada aplikasi Grab yang pertama kali diluncurkan pada November 2014. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Pondok Labu yang menggunakan layanan Grab-Bike. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan metode random sampling. Dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa pengguna layanan Grab-Bike saat proses pengumpulan data berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan alat analisis yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga dan kepercayaan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian.