Font Size:
Analisis Persepsi Konsumen terhadap Minat Beli Item Virtual Pada Mobile Game
Last modified: 2020-01-31
Abstract
Item virtual merupakan salah satu penyumbang pendapatan terbesar perusahaan game serta bersifat terus menerus. Sehingga setiap pembelian item virtual tentu akan didasarkan pada persepsi atau penilaian mereka terhadap item virtual yang ditawarkan perusahaan game. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas, persepsi harga, dan persepsi nilai terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain game mobile di wilayah Jakarta Selatan yang pernah melakukan pembelian item virtual. Jumlah sampel sebanyak 75 responden, dengan metode non probability sampling, purposive sampling. Data responden dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial bantuan software PLS-3.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 terhadap minat beli item virtual pada game mobile dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,438 (2) Persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan 0,045 terhadap minat beli item virtual pada game mobile dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,249 (3) Persepsi nilai memiliki pengaruh positif dan signfikan sebesar 0,034 terhadap minat beli item virtual pada game mobile dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,238. Hasil nilai R Square Adjusted sebesar 0,697.
Keywords
Persepsi Kualitas; Persepsi Harga; Persepsi Nilai; Minat Beli
Full Text:
PDF