UPN "Veteran" Jakarta Conference Systems, Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I

Font Size: 
Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Wisatawan
Vinky Retha Paerunan, Tati Handayani, Jenji Gunaedi Argo

Last modified: 2020-01-31

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu penelitian kuantitatif yang digunakan untuk membuktikan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan di Wisata Religi Buntu Burake, Tana Toraja. Populasi dalam penelitan ini, yakni wisatawan yang pernah berkunjung ke Wisata Religi Buntu Burake dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden dan teknik penyebaran kuesioner untuk memperoleh jawaban responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square 3.0 (PLS). Hasil dari penelitian ini yang pertama, yaitu mengenai  kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan memiliki nilai koefisien sebesar 0,042, nilai t-hitung 2,700 > t-tabel 1,991 dan nilai signifikan sebesar 0,007 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan. Kedua, mengenai kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan memiliki nilai koefisien sebesar 0,732, nilai t-hitung 13,121 > t-tabel 1,991 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Ketiga, mengenai kepuaswan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan memiliki nilai koefisien sebesar 0,236, nilai t-hitung 1,475 < t-tabel 1,991 dan nilai signifikan sebesar 0,141 > 0,05. Sehinggan dapat disimpulkan bahwa kepuasan wisatawan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan. Terakhir, mengenai kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan memiliki nilai koefisien sebesar 0,173, nilai t-hitung 1,369 < t-tabel 1,991 dan nilai signifikan sebesar 0,172 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan wisatawan tidak mampu memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan.

 


 


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Wisatawan; Loyalitas Wisatawan

Full Text: PDF