Last modified: 2020-01-31
Abstract
Nilai Perusahaan merupakan elemen penting yang dipertahankan sebuah perusahaan untuk menunjukkan tingkat keberhasilan suatu perusahaan. Nilai perusahaan ini erat kaitannya dengan kesejahteraan pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris faktor-faktor determinan dari nilai perusahaan dengan komponen pengujian berupa tax avoidance, investment opportunity set, kinerja keuangan, pertumbuhan penjualan, dan kepemilikan manajerial.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manfaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2016-2018. Sampel dari penelitian ini adalah 31 perusahaan manufaktur. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling serta analisis regresi berganda sebagai metode analisis data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa investment opportunity set, kinerja perusahaan yang diproksikan dengan ROA, serta pertumbuhan penjualan merupakan faktor determinan dari nilai perusahaan dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,000 < 0,05; 0,022 < 0,05; dan 0,004 < 0,05. Sedangkan, tax avoidance dan kepemilikan manajerial bukan merupakan faktor determinan nilai perusahaan dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,198 > 0,05 dan 0,820 > 0,05.