Last modified: 2020-01-31
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, laba, ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris, komite audit, dan reputasi KAP terhadap ketepatan waktu Corporate Internet Reporting yang diproksikan dengan 2 indikator yaitu pelaporan keuangan interim terbaru perusahaan dan berita atau siaran pers terbaru di website perusahaan pada sektor manufaktur di Indonesia. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel data ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga terkumpul sebanyak 142 perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian selama tahun 2018. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Logistik dengan program SPSS versi 24 dan tingkat signifikansi sebesar 5% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: ukuran perusahaan, laba, dan reputasi KAP memiliki pengaruh signifikan terhadap laporan keuangan interim terbaru, sementara leverage, likuiditas, ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris, dan komite audit tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu laporan keuangan interim terbaru, selanjutnya ukuran perusahaan, laba, dan ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh signifikan terhadap berita atau siaran pers terbaru di website perusahaan, sementara leverage, likuiditas, proporsi dewan komisaris, komite audit dan reputasi KAP tidak memilki pengaruh terhadap berita atau siaran terbaru di website perusahaan,