Font Size:
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Membentuk Persepsi Konsumen Terhadap Produk
Last modified: 2020-01-30
Abstract
Stagnasinya jumlah pendapatan sebagai akibat dari kurang dikenalnya produk tersebut di Indonesia. Data internal menunjukkan jumlah penjualan dari tahun ke tahun mengalami stagnasi bahkan mengalami penurunan. Diduga hal tersebut terjadi karena penerapan strategi pemasaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kajian dan analisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) dalam membentuk persepsi konsumen. Data penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil tabulasi kuesioner yang disebarkan pada konsumen PT Valvoline Lubricants and Chemicals Indonesia. Metode Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling Part Least Square (SEM PLS). Hasil pengujian diperoleh informasi bahwa dari 13 variabel bauran pemasaran, variabel harga, proses dan variabel ketertarikan personal berpengaruh positif terhadap persepsi konsumen, sedangkan variabel produk, promosi, tempat, orang, kemasan, pendapat masyarakat, personalisasi, prediksi model, pemikiran positif, dan komunikasi memiliki hubungan yang negatif dan tidak signifikan terhadap persepsi konsumen.
Keywords
Bauran Pemasaran; Persepsi Konsumen; Model Persamaan Struktural.
Full Text:
PDF