Font Size:
Orientasi Pasar dan Inovasi Pada UMKM Kuliner di Margonda: Implikasinya Pada Kinerja Pemasaran
Last modified: 2020-01-30
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk melihat kondisi UMKM kuliner di Margonda, Depok, Jawa Barat terkait dengan orientasi pasar, inovasi, dan implikasinya terhadap kinerja pemasaran. Permasalahan yang terjadi yaitu karena masih banyak para pelaku UMKM kuliner di Margonda yang belum bisa melihat bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini terindikasi bahwa adanya masalah terkait kinerja pemasaran. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM kuliner di Margonda, Depok, Jawa Barat sebanyak 90 dan 75 responden dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kondisi UMKM kuliner di Margonda (1) masih belum semuanya memiliki kinerja pemasaran yang baik (2) belum semuanya memiliki orientasi pasar yang baik (3) belum semuanya mampu berinovasi dengan baik.
Keywords
Kinerja Pemasaran; Orientasi Pasar; Inovasi
Full Text:
PDF