Last modified: 2020-01-30
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat sehingga membuat penggunaan internet berkembang lebih pesat serta membuat perubahan di segala bidang, salah satunya adalah perdagangan. Hal ini membuat bermunculan banyak nya e-commerce sehingga konsumen lebih berfikir dalam melakukan keputusan pembelian produk, salah satu produk yang banyak diminati adalah produk fashion yang selalu berubah mengukuti gaya hidup masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada produk fashion yang ada pada e-commerce shopee. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keputusan pembelian produk fashion pada e-commerce shopee dipengaruhi oleh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna atau yang pernah berbelanja di Shopee. Sampel yang diambil sebanyak 75 orang responden, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dan metode sampel simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden. Teknis analisis yang dipakai adalah metode analisis PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kualitas informasi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.