UPN "Veteran" Jakarta Conference Systems, Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I

Font Size: 
Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Fera Sasmita, Dewi Cahyani Pangestuti, Dahlia Br Pinem

Last modified: 2020-01-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi nilai perusahaan. Faktor internal terdiri dari Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE) dan Keputusan Pendanaan yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER). Faktor eksternal terdiri dari tingkat suku bunga yang diproksikan dengan BI Rate dan inflasi yang diproksikan dengan Inf. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan sub sektor industri barang konsumsi dengan periode penelitian selama tiga tahun sehingga didapat 81 unit sampel penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan Microsoft Excel 2010 dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Data Panel dengan program E-Views 10.0 dan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan pendanaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas, tingkat suku bunga dan inflasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 


Keywords


profitabilitas; keputusan pendanaan; tingkat suku bunga; inflasi; dan nilai perusahaan.

Full Text: PDF