Panduan Penulisan Abstrak

Sub Tema:
1. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
2. Gizi Masyarakat
3. Kesehatan Lingkungan
4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
5. Kesehatan Lansia
6. Kesehatan Ibu dan Anak
7. Kesehatan Remaja
8. Kesehatan Olahraga
9. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
10. Pendidikan dan Promosi Kesehatan

Sifat Tulisan
1. Abstrak bersifat orisinil dan belum pernah dipublikasikan dalam forum apapun atau menjadi juara dalam sebuah kompetisi.
2. Abstrak bersifat obyektif, tidak mengandung SARA, dan didukung oleh fakta yang aktual.
3. Abstrak dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.
4. Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Ketentuan Peserta
1. Peserta merupakan mahasiswa aktif (D3/S1) dari seluruh Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.
2. Tim peneliti terdiri dari mahasiswa/dosen dengan 1 orang sebagai ketua dan anggota kelompok dapat berasal dari program studi berbeda.
3. Tim yang telah mendaftarkan diri tidak diperkenankan mengganti anggotanya selama rangkaian kegiatan.
4. Karya yang dikirimkan adalah karya pribadi dan orisinil yang belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam lomba sejenis.
5. Segala bentuk plagiasi tidak diperkenankan
6. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Penulisan Abstrak:
1. Abstrak dikirimkan hanya secara online melalui web. Ketentuan penulisan abstrak sebagai berikut :
Format Abstrak:
a. Font Times New Roman 12 maksimal 150-300 kata (tidak termasuk judul, authorship dan kata kunci)
b. Tampilan abstrak menggunakan spasi 1 dan rata kanan-kiri (justify) dengan format Word 2007 atau 2010 (*doc atau *docx)
c. Ukuran halaman yang digunakan adalah A4 dengan margin atas – bawah – kanan 2,5 cm dan kiri 3 cm.
d. Abstrak dalam bahasa Indonesia. Kata - kata yang disajikan dalam serapan bahasa asing ditulis dalam huruf miring (italic).
2. Judul – Pastikan judul dalam huruf Propercase (Huruf kapital di setiap awal kata),cetak tebal, rata tengah (center) dan dapat menggambarkan isi abstrak dengan baik.
3. Authorship – Penulisan authorship ditulis dengan susunan penulis pertama, penulis kedua, dan seterusnya menggunakan Times New Roman 12, spasi 1, rata tengah (center). Nama presenter dalam penulisan authorship diberikan garis bawah dan ditebalkan. Authorship ditulis dengan nama lengkap tanpa gelar, penggunaan angka superscript (1) diberikan untuk menjelaskan afiliasi, diberikan pada akhir nama lengkap. Penulisan afiliasi dari penulis, dituliskan setelah penulisan judul. Khusus untuk afiliasi dan email korespondensi diketik Times New Roman 10 spasi 1.
4. Email korespondensi presenter – Cantumkan satu email korespondensi untuk keperluan komunikasi dengan panitia PIT (bukan korespondensi dalam riset), dalam baris berikutnya.
5. Abstrak – Susunan abstrak sesuai dengan sub judul:
Latar belakang (background) memuat masalah penelitian utama secara ringkas diakhiri dengan tujuan penelitian.
Metode (methods) memuat metode/desain penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, cara analisis data, dan prosedur penelitian secara ringkas (bila memungkinkan).
Hasil (results) memuat hasil penelitian secara kuantitatif (rerata, simpang baku, nilai p, OR/RR/RP, atau nilai statistik yang lain) maupun secara kualitatif.
Simpulan (conclusion) merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian (tanpa menuliskan nilai statistik kembali).

Kata Kunci – Abstrak yang dikirimkan terdiri dari 3 – 5 kata kunci, dengan setiap kata kunci tidak lebih dari 3 frase, bukan singkatan, dengan huruf kecil tanpa ditebalkan.

Timeline
1. Deadline Pengiriman Abstrak        : 22 Januari 2020
2. Seleksi Abstrak        : 23 Januari 2020    
3. Pengumuman Lolos Abstrak        : 24 Januari 2020    
4. Pengiriman slide ppt        : 26 Januari 2020    
5. Presentasi        : 28 Januari 2020

Mekanisme Pendaftaran (Abstrak)
1. Setiap peserta wajib mengirim abstrak sesuai dengan tema seminar.
2. Format nama file abstrak adalah “SEMNASKESMAS2020_NAMA KETUA TIM_PERGURUAN TINGGI ASAL_3 KATA AWAL JUDUL”.
3. File abstrak disubmit melalui alamat URL  https://ocs.upnvj.ac.id/index.php/semnaskesmas2020/
4. Jika berkas yang dikirimkan pendaftar lengkap dan sesuai dengan persyaratan, maka peserta akan mendapatkan email konfirmasi dari panitia bahwa telah terdaftar sebagai peserta seminar.
5. Pengumuman peserta yang lolos abstrak akan diumumkan pada tanggal 21 Januari 2020 di email masing-masing dan alamat URL https://ocs.upnvj.ac.id/index.php/semnaskesmas2020/



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.